Kamis, 02 Februari 2012

Moc Bai - Bavet


Run by Collective Soul

Pagi itu tanggal 05 Januari 2012

Angin lumayan sejuk membuai

Setelah menyelesaikan urusan ke-imigrasi-an keluar dari Vietnam di Moc Bai

Aku berjalan sambil menyedekapkan tangan

Menjaga raga agar tak menggigil

Pun sinar mentari yang telah memudarkan mendung menggantung tak jua menghangatkan

Beberapa ratus meter kemudian aku sudah berada di pintu gerbang Cambodia

Bavet

Telah kuselipkan 25 Dollar di paspor untuk keperluan Visa On Arrival masuk Kerajaan tersebut

Gelisah menunggu kepastian di dalam counter imigrasi 

Khawatir jika uangnya kurang

Sementara turis-turis lain dari Amerika Selatan tampak riuh dengan bahasa latin yang tak kumengerti

“Indonesia!, Indonesia!”

Salah seorang petugas masuk sambil membawa segepok paspor

Aku mengacungkan tangan menjawab panggilannya

Dia mengangsurkan pasporku sambil mengatakan: “Indonesian no need visa, keep your money

Sejenak aku tertegun

Menatap 25 Dollar yang dikembalikannya

Ada jeda satu tarikan nafas

Hurry up! Keep your money!” Tegasnya lagi sambil menunjuk kantong celanaku

Mungkin dikiranya aku tidak paham bahasa inggris

Aku pun bergegas masuk

Pasporku dicap

Sidikjariku dipindai

Dan,

Yeah! Aku resmi menjadi tamu (baca: gembel) sampai tiga puluh hari ke depan

Meski begitu aku tidak akan selama itu

Selanjutnya,

Masih menggunakan bis yang sama dari Vietnam semalam 

Aku meneruskan perjalanan menuju Siem Reap

Niatku ingin melihat Angkor Wat dari dekat

Menapak tilasi jejak Angelina Jolie

Mencecap wanginya yang tertinggal

Keelokannya bagai pelangi di kanvas mega selepas hujan

Lekuk tubuhnya, ranum bibirnya, binar matanya, lagak lakunya, jenjang kakinya

Sexy!

Semua kata yang dicipta/dirangkai/diurai para pujangga tidak akan cukup untuk merepresentasikannya

Satu-satunya hal yang masih dapat kuingat secara waras adalah: 

‘Sudah tiga hari sejak kedatangan di Vietnam aku belum mandi sama sekali’

Jangan tanya kenapa!


Moc Bai - Bavet (05 Januari 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar