Sabtu, 17 Desember 2011

Interview With My Self: Weekend, Skripsi, Galau


Opening Act: Menjemput Impian By KLA Project

Duh! Kalo kayak gini kapan beresnya?

Masih males aja. Padahal gue udah siap di tempat ter-pewe sedunia: taman kampus. File skripsi juga udah gue buka. Cemilan juga udah lengkap. Tapi..... kok pengennya nyantai aja. Apalagi dalam suasana weekend begini. Didukung sama cuaca yang rada-rada mendung dan ditingkahi semilir angin yang menyertakan rindu kepada..... Oke, nevermind! Ritual wajib gue kalo di taman kampus tuh baca. Iya, baca. Biasanya gue berangkat dari kost-an jam enam atau setengah tujuh pagi. Bawa koran, novel, atau buku-buku kumpulan cerita para traveler. Gue bisa betah baca sampai adzan Dhuhur berkumandang. Membaca itu udah seperti menjadi bagian dari darah yang mengalir dalam nadi gue.

Lah, apa lu kagak pacaran?

Emmm... err.. gini lo, kita kan gak harus ngabisin weekend buat pacaran, sih (Pledoi Seorang Jomblo). Emang kemarin-kemarin gue selalu mengisi weekend sama pacar gue. Tapi jujur pada saat itu adakalanya gue merasa kehilangan waktu membaca. Terbawa rindu membaca di taman kampus sambil menikmati anak – anak SMA yang lagi pada becanda, mahasiswa komunikasi yang lagi bikin film pendek buat tugas mingguan, temen-temen kuliah yang lagi iseng bikin videoklip buat band-nya, komunitas fotografi yang lagi pada ngumpul bikin workshop kecil – kecilan, anak – anak teater yang lagi pada latihan mengasah penghayatan peran, ada juga yang latihan karate, kakek nenek yang menikmati nostalgia masa – masa kuliah dulu, dll. Banyak hal yang bisa dinikmati sambil mengeksplorasi pemikiran – pemikiran kita demi memajukan bangsa ini (gayamu!).

Trus, sekarang pacar lu dimana? 

Kagak tau! Diculik alien, kali!

Eh, jadi jomblo itu enak gak sih?

Uffs! Eluuuuu! Banyak bacot banget, sih! Untung aja gue rajin puasa senin kamis. Masih bisa rada sabar ngadepin lu!

Pasang telinga baik – baik. Ini berdasarkan pengalaman gue sendiri, lo ya. Gini, kadang pada satu titik tertentu jomblo menjadi sebuah pilihan sementara. I mean menyengaja dengan sadar tanpa ada intervensi dari pihak manapun untuk memilih menjadi jomblo. Dengan menjadi jomblo sementara kita memberikan ruang untuk mengenal diri – sendiri lebih dalam. Mengeksplorasi potensi. Menggali ide – ide kreatif. Mencipta karya. Memuaskan dahaga akan keingintahuan untuk mencoba hal – hal baru yang lebih menarik, menantang, memberikan manfaat positif bagi lingkungan sekitar/orang banyak. Memberikan ruang untuk melakukan kesenangan – kesenangan kita setelah sekian waktu harus berkompromi. Lebih penting lagi adalah mempunyai banyak waktu bersama keluarga.

Gitu ya..., lu gak merasa kesepian?

*terdiam sejenak – menatap ke tukang kebun yang lagi menyapu guguran daun – daun kering di taman – membuka Chitato dan mulai memakan pelan* Susah ya ngejaw ... Uhuk! Uhuk! *tersedak <--- ya iyalah, lagian makan sambil ngomong!* Susah ya ngejawabnya. Serba dilematis. Ya, sebagai manusia normal adakalanya gue merasa kehilangan dan merindukan dia (yang manis, sexy, lembut, sederhana, santun dalam bertutur kata) berada disisi gue seperti sediakala ketika gelora asmara ini masih membara di dalam dada. *hening <--- backsound: Meski T’lah Jauh by KLA Project*. Gg.. gghuu.. we.. sebb.. bbb.. benarnyah... mmm.. mas.. mmmasih.. ih.. ih.. sss.. ssa.. yya.. Argh! Udahlah! Cerita yang lain aja, yah. *ngambil tissue buat ngelap air mata*. #galautingkatdewa.

I’m really – really sorry, Sob. Kagak ada maksud bikin lu sedih. Oke, last question: lu pernah lihat/ketemu hantu?

Pernah dong. Satu yang paling berkesan nyata. Kejadiannya beberapa tahun yang lalu. Ketika itu gue dimintain tolong adiknya nyokap (Pak Lik/Om) gue yang tinggal di daerah Perumahan Ciomas Permai – Bogor buat nungguin rumahnya karena mau ditinggal tugas ke Belanda selama sebulanan. Gue tidur di kamar belakang. Malam pertama itu seperti susah sekali untuk dijelaskan dan dimengerti secara logika. Dalam mimpi gue berlari dan mau keluar dari kamar. Tapi pas sampai pintu gue mental. Seperti ada kekuatan tak kasat mata menghalangi pintu. Gue coba lagi. Mental lagi. Begitu seterusnya hingga dalam kondisi antara sadar dan tidak sadar gue melihat sosok cewek bermuka rata seperti bayangan berwarna hitam memegangi kaki gue. Teriakan yang keluar dari mulut gue seolah tertahan oleh alat pengedap suara. Gue terus meronta dan melawan sambil melafazkan ayat Kursi dalam hati. Alhamdulilah, akhirnya gue berhasil terlepas dan terbangun bersimbah keringat. Nafas gue berpacu tak beraturan. Gue bergegas keluar kamar. Dalam hati terus bertanya apa penyebab semua itu. Untuk menetralisir jiwa yang masih shock, gue bikin kopi lalu menuju ruang tivi yang berada di samping kamar horor itu. Waktu masih menunjukkan pukul 01.45 WIB dini hari. Berhubung acara tivi udah gak ada yang bagus. Isinya didominasi iklan – iklan alat/obat perangsang/pembesar alat vital, langsung aja gue setel DVD konser unpluggednya The Corrs dengan volume yang lumayan kenceng. Gue udah gak peduli seandainya perbuatan gue itu mengganggu kenyamanan para tetangga. Pikir gue malah bagus kalo mereka semua pada bangun. Jadinya bisa nemenin gue begadang, nyari solusi buat ngusir hantu sialan itu. Atau paling tidak jagain gue tidur <--- mau gaji mereka pake apa lu?!

Paginya sehabis mandi, gue baru sadar kalo ternyata posisi tidur gue satu arah dengan pintu. Katanya posisi seperti itu pamali. 

Di kampus rasa ngantuk sudah sangat tidak bisa ditahan. Alhasil, pas kuliah Sistem Informasi Geografi, gue cabut ke kost-annya si Ronny <--- temen kuliah buat membayar sisa tidur yang terampas.

Satu lagi, deh! Lu suka gak sama cewek yang pake behel?

Relatif ya. Kalo si cewek dari sononya udah cakep/manis pas dipakein behel jadinya bisa malah tambah bagus dan enak dilihat. Tapi kalo dari sononya udah gak jelas pas dipakein behel jadinya malah kelihatan makin ancur. Fenomena behel ini sudah salah kaprah. Sebenarnya fungsi behel itu kan untuk memperbaiki posisi gigi yang kurang tertata apik pada tempatnya. Aturan medisnya sudah ada. Hanya boleh pada umur – umur tertentu ketika masa pertumbuhan. Dalam perkembangannya model behel dimodifikasi dengan berbagai variasi agar tidak terlihat membosankan bagi pemakainya tanpa menghilangkan fungsi utamanya. Dulu tuh orang malu kalo sama dokter gigi diharuskan pake behel. Gue sendiri waktu masih SMP juga disuruh pake behel karena gigi gue yang rada gingsul. Tapi gue bener – bener menolak keras. Alasan gue biarin natural kayak gini aja. Malah bikin senyum gue tambah manis. Dan ternyata Katon Bagaskara juga gingsul kayak gue selain zodiacnya yang juga sama dengan gue tentunya.

Sekarang orang bisa pasang behel dimana saja. Banyak tempat dengan embel – embel “Dokter Gigi” menawarkan jasa pemasangan behel. Pasiennya dari segala umur. Mau yang giginya emang baik – baik saja sampai yang benar – benar morat – marit. Tidak jarang dalam perjalanan menuju tempat kerja di Commuter Line atau di Busway tiba – tiba seorang ibu berumur hampir setengah abad menanyakan sesuatu yang sebenarnya udah dia tahu. Padahal maksudnya buat pamer behel baru di giginya yang hampir usang dan lekang dimakan jaman. Behel telah menjelma menjadi bagian dari lifestyle dan ladang bisnis bagi Dokter Gigi/“Dokter Gigi”.

Wuih! Asik ya ngobrol ama lu, wawasannya luas... gue janji ini yang terakhir. Kalo lu punya anak cowok dan cewek, mau lu kasih nama siapa?

Cowok : Robin Noelliam Bagaskara Manjer Kawuryan – Kartomihardjo
Cewek : Aline Liberty Florissantia

1 komentar: